kontak
Produksi Video

Film Dokumenter Aku Bukan Maling


Aku bukan maling, adalah sebuah film dokumenter yang mengikuti sepenggal kehidupan pemuda dari desa Pegayaman – Kabupatan Buleleng – Bali, yang menjadi pekerja di sebuah Hotel Berbintang di Kawasan Jimbaran – Kuta Selatan. Melalui potret Pemuda itu, kita dihantarkan pada cerita stereo tape mengenai Desa Pegayaman yang di Cap sebagai desa yang dihuni oleh Maling dan pembunuh.

Proses produksi Film dokumenter Aku bukan maling merupakan bagian dari sebuah pelatihan Produksi Film Dokumenter yang diselengarakan oleh InDoc, sebuah lembaga nirlaba yang khusus bergerak dalam bidang pengembangan Film Dokumenter di Indonesia yang bekerjasama dengan minikino.org, diikuti oleh 4 kelompok (9 orang). InDoc dalam pelatihan yang bertajuk “Mencari Bali” didukung pula oleh Ford Foundation.

Proses pelatihan berlangsung selama tiga bulan; dimulai dengan kelas pra-produksi selama satu minggu, riset visual selama satu minggu, pengambilan gambar di Desa pegayaman selama 10 hari serta pengambilan gambar di beberapa tempat lain kurang lebih 4 hari. Sedangkan proses pos-produksi memakan waktu selama 2 minggu.

Sutradara Film dokumenter ini adalah Susi Andrini dan Made Suarbawa, dimana Susi sekaligus sebagai researcher dan Made Suarbawa sebagai Kamerawan. Sedangkan untuk Proses Editing, pihak panitia mendatangkan Editor profesional, dimana untuk Aku bukan maling ditangani oleh Aline Jusria.

majalah bali dwipa logo