kontak
Blog

Jasa pembuatan Website, apa yang mereka lakukan?


Membuat website itu (tidak selalu) mudah, anda dapat menemukan banyak blog tutorial pembuatan website bertebaran di internet. Ada juga free website maker yang tinggal drag and drop, sangat mudah dan pasti anda bisa. Tapi kenapa masih ada penyedia jasa pembuatan website? Ya karena mereka masih dibutuhkan secara profesional.

Seperti yang saya katakan, siapapun bisa belajar untuk membuat website. Lagi-lagi pertanyaannya, kenapa jasa pembuatan website masih diperlukan? Alasan yang paling umum adalah, orang yang membutuhkan sebuah website sudah terlalu sibuk dengan bisnisnya, sehingga tidak ada waktu mempelajari segala tetek bengek pembuatan website. Jangankan membuat coding, hanya untuk update gambar saja kadang tidak ada waktu.

Seorang profesional yang menyediakan jasa pembuatan website, adalah orang yang memiliki multiple skill. Integrasi berbagai skill dari seorang pembuat website akan menjadikan website memiliki manfaat yang maksimal, apa lagi website yang memang ditujukan sebagai media marketing.

  • Desain Grafis
    Seorang website desainer memiliki kemapuan mendasar mengenai desain grafis, secara teori dan praktek. Walaupun website bukan segalanya tentang tampilan Grafis yang memukau, tapi dengan desain yang menarik akan memberikan nilai tambah. Peroses desain sejak awal dipikirkan untuk memenuhi berbagai kriteria sesuai dengan konten, karakter, image dan visi perusahaan. Desain menjadi urusan selera, ada yang suka sederhana, penuh warna, banyak gambar dan sebagainya. Sekali lagi saya tegaskan, tampilan grafis adalah nilai tambah.
  • Membuat Halaman Web
    Setelah desain disepakati, tugas selanjutnya dari seorang penyedia jasa pembuatan website adalah mengubah desain tersebut menjadi halaman website dengan pengetahuannya mengenai HTML & CSS serta beberapa bahasa pemrograman lain, seperti java dan jquery sesuai dengan keperluan, dimana desain sebelumnya yang statik menjadi interaktif.
  • SEO
    Dalam dua langkah diatas saja, sebuah website sudah tampak wujudnya seperti website pada umumnya. Tapi, ada pekerjaan lain bagi seorang penyedia jasa pembuatan website yang harus dilakukan, agar sebuah website “visible” atau terdeksi dengan baik oleh search engine. Sebenarnya sebuah website dengan dibiarkan begitu saja, “suatu saat” pasti akan terdeteksi oleh robot search engine, tapi apa anda bersedia menunggu ketidak pastian!? Disinilah satu lagi skill seorang webmaster diuji, dengan melakukan strategi SEO (search engine optimization) yang baik, dimulai dari  <title> <deskripsi> <keyword> dan <meta tag>
  • Menulis
    Semua orang bisa menulis, selama dia bisa membaca. Seorang penyedia jasa pembuatan website harus memiliki kemampun dan pengetahuan dasar mengenai menulis untuk website. Bagaimana membuat tulisan yang enak dibaca namun tepat untuk SEO. Menulis untuk Website SEO adalah pengetahuan dan kemampuan khusus dari bidang kepenulisan, dan saya yakin bisa dipelajari.
  • Web server Administrator
    Ketika website siap untuk dipublis, maka tugas selanjutnya dalah menyediakan domain dan hosting sesuai kebutuhan pemilik website. Pengetahuan seorang penyedia jasa pembuatan website mengenai administrasi server, akan digunakan ketika memindahkan website dari lokal server ke server publik yang telah disewa, seting data base, email, robot dan sebagainya.
majalah bali dwipa logo